Rabu, 01 April 2009

Mendeteksi Kerusakan Komputer dengan Mendengan bunyi yang terdengar

Saat Komputer dihidupkan, BIOS melakukan POST (power-on self test). POST diperlukan untuk memastikan sistem berfungsi sebagaimana mestinya dan juga mencari informasi hardware apa saja yang ada pada komputer. Saat bios mendeteksi ada masalah saat post, bios akan mengirim pesan kesalahan (error message).

Pada beberapa kasus, masalah tersebut dapat dideteksi lebih awal sehingga BIOS tidak dapat mengak­ses video card dan tidak dapat menampilkan pesan kesalahan tersebut. Jika seperti ini yang terjadi, BIOS akan mengeluarkan suara 'bip' yang memiliki pola tertentu yang sesuai dengan kesala­han yang diidentifikasinya.

Suara 'bip' tunggal saat proses boot­ing setelah tampilnya pesan startup pada monitor adalah normal dan tidak ada kegagalan. 'Bip' yang dimaksud di sini adalah yang dihasilkan pada saat prose­dur POST belum selesai dan belum ada informasi apapun yang ditampilkan pada layar. Kode 'bip' BIOS ini bergantung tipe dan versi BIOS yang Anda miliki. Yang popuer adalah AMI dan Award BIOS. Olek karena itu, tulisan ini hanya mem­bahas kedua tipe BIOS tersebut.

Artikel Selengkapnya Download di sini.

0 komentar:

  © Blogger template 'Froggy' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP